Breaking

Wednesday, June 3, 2015

Fakta Menarik Tentang Idul Adha

MWawasan ~ Idul Adha atauHari Raya Kurban adalah sebuah perayaan umat Islam guna memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim AS dengan ikhlas mengikuti perintah Allah untuk mengorbankan putranya Ismail demi menunjukkan ketaatan dan kapatuhannya.

Apa yang telah dilakukan Nabi Ibrahim AS ini pun diikuti oleh Muslim dari seluruh dunia secara simbolis mengorbankan ternak berupa sapi, kerbau, unta, domba, atau kambing atau disebut dengan istilah ‘bekurban.’

Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Idul Adha tahun ini, dilansir dari International Business Times, Sabtu (4/10).

1. Idul Adha dikenal juga dengan nama Idul Kabir atau Idul Qurban, perayaan Islam dalam rangka memperingati keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengikuti perintah Allah yang menyuruhnya mengorbankan putra kesayangannya, Ismail. Perintah Allah itu hanya sebuah ujian untuk melihat kesetiaan Nabi Ibrahim pada pencipta-Nya. Allah pun kemudian mengganti Ismail dengan seekor domba.

2. Idul Adha dimulai pada 10 Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam yang didasarkan pada peredaran bulan. Namun, karena sekarang kita menggunakan kalender Gregoriana atau peredaran matahari, maka Idul Adha selalu bergerak sekitar 11 hari setiap tahunnya.

3. Perayaan Hari Raya Kurban berlangsung 2-4 hari bergantung pada negara masing-masing.

4. Muslim dapat membeli hewan yang disebut Udhiya, biasanya kambing atau domba, sapi atau kerbau, unta, kemudian dikurbankan.

5. Sepanjang Idul Adha, Muslim yang mampu melakukan ibadah haji ke Mekah, Saudi Arabia.

6. Seorang Muslim harus membaca ‘tusmiya’ sebelum mengorbankan domba dan mengikuti standar tertentu, terutama halal.

7. Daging kurban dibagi tiga. Satu porsi untuk keluarga inti, satu porsi untuk kerabat, satu porsi lainnya yang terbanyak untuk disumbangkan kepada fakir miskin.

8. Perayaan Idul Adha ini biasanya ditandai dengan saling mengunjungi rumah anggota keluarga. Anggota keluarga yang lebih tua juga suka memberi anak-anak hadiah berupa uang.

9. Pagi harinya, seluruh Muslim melaksanakan shalat Idul Adha di masjid atau lapangan.

10. Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan prangko khusus untuk memperingati Idul Fitri dan Idul Adha dibanyak kesempatan seperti tahun-tahun sebelumnya. Perangko ini menyoroti berbagai kontribusi yang diberikan Muslim AS di bidang bisnis, pendidikan, dan reformasi sosial di AS. 


#sku-aspirasirakyat

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas