Breaking

Wednesday, June 1, 2016

Bupati Pringsewu Ajak ASN Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

M Wawasan, Pringsewu---Bupati Pringsewu H.Sujadi mengajak seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pringsewu untuk mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan bukan sekedar menghayati, namun juga mengamalkan nilai-nilai yang ada.

Ajakan tersebut disampaikannya melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Kabupaten Pringsewu Budiman saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di lapangan pemkab setempat, Rabu (1/6).

Dengan semangat dan jiwa Pancasila, Sujadi juga mengajak ASN untuk memberdayakan diri dan meningkatkan kompetensi sesuai tupoksi yang ada.

Menurut Sujadi, untuk menjadi insan pancasila, diantaranya bisa dilakukan dengan melaksanakan tugas yang diemban dengan baik dan penuh tanggung jawab, melayani masyarakat dengan sepenuh hati sehingga tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah dapat lebih meningkat, sehingga dapat terwujud tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Bupati Pringsewu H.Sujadi melalui Sekkab Budiman juga mengingatkan bahwa lahirnya Pancasila yang merupakan dasar negara RI, tidak terlepas dari nama besar sang proklamator Bung Karno, karena berkat pemikiran, penggalian, serta perjuangan Bung Karno, bangsa Indonesia mengenal 5 dasar atau 5 sila yang dikenal sebagai Pancasila. 

"Peringatan hari Lahirnya Pancasila yang sejatinya merupakan judul pidato Ir.H.Soekarno yang disampaikannya pada Sidang BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Cosakai pada 1 Juni 1945,  hendaknya kita jadikan bahan refleksi sejarah dan kontemplasi guna mengingat kembali gagasan cemerlang dan pemikiran agung Bung Karno. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara sangat  berkaitan erat dengan peran besar dan pemikiran sang Penyambung Lidah Rakyat tersebut," ujarnya.

Selain itu, lanjut Sujadi, peringatan tersebut hendaknya juga dijadikan momentum guna mengaktualisasikan buah pemikiran besar tersebut dalam kehidupan sehari-hari sebagai warga bangsa  dalam menjawab berbagai  persoalan dan cabaran bangsa yang semakin kompleks baik di masa kini maupun di masa mendatang.

Di sela-sela upacara yang diikuti aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Pringsewu, Sekkab juga menyerahkan bantuan berupa mesin pemotong rumput kepada sejumlah camat dan lurah sebagai bentuk dukungan dalam persiapan mengikuti penilaian adipura 2016.


Dilaporkan: Iwan

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Senin 14 Oktober 2024"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas