Breaking

Thursday, December 1, 2016

Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn menjadi Raja Baru Thailand

Mwawasan.THAILAND- Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn sudah menjadi Raja Thailand yang baru, menggantikan mendiang ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej.

Acara penerimaan tahta itu disiarkan langsung lewat TV.

Raja Bhumibol, yang menjadi raja dengan kekuasaan terlama di dunia, wafat pada 13 Oktober lalu. Dia dilihat sebagai pilar bagi stabilitas sepanjang tujuh dekade politik Thailand yang beberapa kali dilanda kudeta militer.

Pangeran Maha Vajiralongkorn -yang ditetapkan sebagai putra mahkota pada tahun 1972 lalu- semestinya menjadi raja sehari setelah kematian ayahnya.

Namun Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha saat itu mengatakan dia diminta untuk menunda pentahbisan raja baru demi masa berduka.

Pangeran yang berusia 64 tahun ini rupanya memilih peringatan 50 hari kematian ayahnya menjadi hari penetapannya sebagai Raja Vajiralongkorn, yang juga mendapat gelar Rama X, atau raja kesepuluh dalam Dinasti Chakri.

Penerimaan tahta raja ini berarti berakhirnya tugas penasihat senior kerajaan Thailand, Prem Tinsulanonda -mantan perdana menteri- sebagai pemangku raja.

Raja Vajiralongkorn masih belum menikmati kepopuleran seperti ayahnya, antara lain karena dia menghabiskan banyak waktu di luar negeri.

Bagaimanapun pentahbisan resmi baru akan berlangsung setelah upacara kremasi jenazah Raja Bhumibol, yang diperkirakan akan berlangsung tahun depan.

Keluarga kerajaan Thailand dilindungi dari kritik berdasarkan undang-undang lese-majeste, yang antara lain melarang media membahas peran dari keluarga kerajaan dalam masyarakat Thailand.


Pentahbisan Raja Bhumibol dulu baru dilaksanakan empat tahun setelah saudaranya, Raja Ananda Mahidol , meninggal karena luka tembak dalam situasi yang masih misterius.




#Gan/afp

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas