Breaking

Sunday, February 12, 2017

Evakuasi Terbesar di Yunani Pasca Temuan Bom Sisa Perang Dunia II

MWawasan.YUNANI- Sedikitnya 70.000 orang di Thessaloniki, Yunani dievakuasi agar bom sisa Perang Dunia Dua seberat 200kg lebih bisa dijinakkan, kata pejabat setemapt.

Evakuasi ini disebut-sebut sebagai salah satu evakuasi operasi bom terbesar di Yunani pasca-Perang Dunia Dua.

Bom juga disebut sebagai salah satu bom sisa perang terbesar yang pernah ditemukan di kawasan perkotaan Yunani.

Bom ditemukan saat perbaikan jalan pekan lalu dan dijinakkan Minggu ini.

Pejabat berwenang mengatakan kondisi bom yang sudah rusak menyulitkan identifikasi apakah bom tersebut berasal dari Jerman atau Sekutu.

Penduduk dalam radius 2km dari bom harus mengevakuasi diri dari area tersebut sampai Minggu, menurut petugas keamanan. 

Militer mengatakan bahwa operasi sebesar ini dengan tingkat kerumitan seperti ini adalah yang pertama dilakukan di area padat penduduk di Yunani dan operasi penjinakan akan berlangsung selama delapan jam - tapi bisa juga membutuhkan dua hari.

Sekitar 1.000 petugas polisi dan 300 relawan akan diturunkan sebelum operasi penjinakan bom. Penduduk kota sudah diberitahu beberapa hari sebelumnya untuk mengosongkan rumah mereka.
  
Evakuasi ini diperkirakan akan menyebabkan gangguan di Thessaloniki, karena ada sekitar 450 penghuni kamp pengungsi di antara ribuan orang yang dievakuasi ke sekolah, gedung olahraga dan pusat budaya.

Bom ditemukan pekan lalu dekat pom bensin dalam pekerjaan galian untuk memperluas tangki penyimpanan.

Status darurat sudah diberlakukan di tiga wilayah kota yang terdampak operasi penjinakan, menurut Wakil Gubernur Thessaloniki Voula Patoulidou pada Associated Press. 

"Ini adalah untuk pertama kalinya sesuatu seperti ini terjadi di Yunani," katanya. "Pemindahan semua warga wajib dilakukan dan kami akan mendatangi rumah satu per satu untuk memastikan semua orang meninggalkan rumah mereka."

Militer mengatakan mereka akan mencoba menjinakkan bom menggunakan detonator bom sebelum kemudian membawa keseluruhan bom tersebut ke lapangan tembak militer, dan akan diambil keputusan terkait cara menetralisir bom tersebut.

Terminal bus kota akan ditutup dan kereta pun akan berhenti beroperasi. Selain itu akan ada gangguan lalu lintas selain juga pada misa gereja.

Seorang penduduk mengatakan pada Associated Press bahwa bom itu dijatuhkan oleh pesawat Inggris dan AS yang menyasar fasilitas kereta Jerman pada 17 September 1944.

Tentara Jerman menguasai Yunani sejak 1941 sampai Oktober 1944. 


#Gan/bbc

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas