Breaking

Wednesday, February 15, 2017

Pilkada Payakumbuh, Riza Falepi – Erwin Yunaz Unggul

MWawasan.Payakumbuh(SUMBAR) ~ Dinamika Pilkada serentak di Payakumbuh tidak sehiruk pilkada DKI Jakrta. Tingginya tingkat kesadaran politik di Payakumbuh, sejak gendrang perang pilkada dimulai tahap demi tahap, semuanya berjalan dengan kondusif, termasuk puncaknya hari pencoblosan Rabu (15/2).

Kendati sempat di warnai kompanye hitam, namun tidak mempengaruhi jalannya Pilkada diPayakumbuh. Bahkan tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak di Payakumbuh terbilang cukup tinggi, yakni mendekati 68 %. Dari 84.000 an DPT, tercatat suara yang masuk yang  dianggap sah dalam penghitungan di masing masing TPS totalnya  57.305 suara. Namun masih jauh dari target propinsi yang menetapkan target partisipasi pemilih 84 % dari jumlah DPT.

“Tetapi kita masih bangga dengan partisipasi warga kota Payakumbuh,” ujar Yasmeri tim pemantau yang ditugaskan dari Kemendagri dalam percakapan di sela pemantauan penghitungan suara.

Pelaksanaan Pilkada serentak di Payakumbuh juga dipantau dan diawasi langsung. Selain dari tim pemantau indipenden, Panwas Propinsi, Panwas Kota Payakumbuh, para tim sukses masing masing calon, juga dipantau langsung oleh tim dari Kemenkopolkam yang menugaskan langsung stafnya, Brigjen TNI Amrin, ke Payakumbuh.

Pemantau dari Kemenkopolkam itu juga sangat mengapresiasi tingkat kesadaran politik warga kota Payakumbuh.

“Dari lima kecamatan yang ada di Payakumbuh kami pantau, warga kota cukup antusias menyalurkan hak pilihnya,semuanya berlangsung dengan aman dan penuh persaudaraan. Sehingga Pilkada badunsanak benar benar kelihatan di Payakumbuh, “ inilah yang diharapkan pemerintah,” ujar Amrin ketika diminta tanggapannya.(*)

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas