Breaking

Wednesday, March 29, 2017

Dua Kabupaten Belum Pleno Rekapitulasi Suara Pilkada Serentak 2017

MWawasan.JAYAPURA ~ Anggota Komisi Pemilihan Umum Papua Tarwinto menyatakan sampai saat ini masih ada dua kabupaten di Papua yang belum memplenokan hasil rekapitulasi suara dalam Pilkada Serentak Februari 2017. Dua kabupaten itu yakni Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

 “Sudah pleno, yang belum tinggal Kabupaten Jayapura dan Kepulauan Yapen belum. Belum selesai sama sekali. Belum menetapkan rekapnya,” kata Tarwinto melalui telepon selulernya, Rabu (22/3) kemarin.

 Ia mengatakan alasan belum dilakukan pleno terhadap dua kabupaten tersebut, belum ada rekap suara usai pelaksanaan PSU.“Yapen belum direkap pasca PSU karena ada rekomendasi Panwas. Kami sudah koordinasi dengan KPU RI," kata Tarwinto.

 Sehingga belum adanya penetapan itu, maka pihaknya membantah surat edaran yang menetapkan salah satu Pasangan Calon (Paslon) di Yapen yakni Paslo nomor urut 1.“Itu hanya isu. Tidak benar adanya. Itu hoax. Tidak betul,” tegas Tarwinto.

 Tarwinto juga menyatakan untuk sementara hasil pembahasan di KPU RI mengenai Pilkada di Papua, Puncak Jaya memang laporkan ke KPU RI dan ditindaklanjuti dengan surat ke MK. Sudah disahkan oleh KPUD tapi ada 6 distrik yang tidak disahkan. Masalahnya apa sehingga mengambil kebijakan itu.

 “Ada masalah silahkan MK putuskan karena kondisi di sana tidak normal. Sama dengan Intan Jaya. Kami sampaikan ke KPU RI dan KPU RI menyurat ke MK. Artinya KPU RI menyurat ke MK terkait belum selesainya persoalan di kabupaten tersebut," katanya.

 Ia menambahkan, KPU RI juga menyampaikan ke MK kalau di Puncak Jaya ada masalah kehilangan logistik, sama dengan Intan Jaya. Walaupun akhirnya kembali. Tapi ditolak Panwas Intan Jaya arena tidak bisa dipertanggungjawabkan isinya.

 "Begitu juga Puncak Jaya. Puncak Jaya sempat hilang dan kembali. Tapi dokumennya, dokumen abal-abal," tambah Tarwinto. 




#Gan/Papuapos/ham

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas