Breaking

Wednesday, March 8, 2017

Ferimulyani Hamid : Padang Targetkan Tidak Lagi Endemis DBD

MWawasan.Padang(SUMBAR) ~ Kota Padang ditetapkan sebagai endemis Demam Berdarah Dengue (DBD). Ini setelah terjadinya kasus DBD pada sejumlah kecamatan. Kota Padang bertekad keluar dari "predikat" daerah endemis DBD.

"Kita bertekad lima tahun ke depan tidak lagi menjadi daerah endemis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid, Rabu (8/3) pagi.

Agar keluar dari "predikat" itu, Pemerintah Kota Padang terus melakukan sosialisasi penanganan DBD di tengah masyarakat. Pihak Dinas Kesehatan juga mencanangkan "Pekan Pengendalian DBD".

"Kita telah mencanangkan 'Pekan Pengendalian DBD' yang dimulai pada minggu kemarin," terangnya.

Dinas Kesehatan Kota Padang telah berkunjung ke masing-masing sekolah dasar (SD) di Padang Barat. Saat itu tim memeriksa bak air di 360 sekolah di Padang Barat.

"Hasilnya 56 persen terdapat jentik nyamuk," ulasnya.

Selain memeriksa jentik nyamuk, Dinas Kesehatan melakukan pengasapan atau fogging. Setelah ini Dinas Kesehatan akan mrngunjungi Kecamatan Kuranji.

Sementara itu, meski ditetapkan sebagai daerah endemis DBD, jumlah kasus DBD di Kota Padang jauh menurun dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini 50 persen lebih rendah dari tahun sebelumnya," tukuk Ferimulyani Hamid.

Seperti diketahui, DBD terjadi karena penularan virus melalui gigitan nyamuk Aedes Aegipty. Nyamuk ini suka bersarang di tempat yang bersih seperti di rumah, bak air, dan lainnya.


#Gan/Humas/Charlie

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas