Breaking

Friday, March 24, 2017

IOPD Nilai Jambi Layak Masuk Nominasi 30 Kota Besar Terbaik di Dunia

MWawasan.JAKARTA ~ Lembaga internasional penyelenggara penghargaan IOPD (International Observatory on Participatory Democracy) menilai kota Jambi layak masuk kategori 30 kota terbaik dunia.
Walikota Jambi Syarif Fasha
Hal itu berawal saat dilakukan evaluasi permulaan oleh penyelenggaran IOPD pada Januari lalu. Program Bangkit Berdaya yang menekankan pada semangat partisipatif dan gotong royong itu akhirnya masuk nominasi penerima"Best Citizen Participation". Dan Kota Jambi termasuk didalam 30 besar nominasi Kabupaten/Kota terbaik dari 7 ribu Kabupaten/Kota yang ada di dunia.

"Salah satu poin dari penilaian itu selain program ini tepat sasaran dan hemat anggaran, Bangkit Berdaya juga dapat meningkatkan semangat kebersamaan, partisipasi dan gotong royong yang notabene di lingkungan masyarakat perkotaan sudah memudar," jelas Walikota Jambi Syarif Fasha, Rabu (22/3) siang.

Tim penilai IOPD melihat bagaimana program itu dapat memacu semangat kebersamaan dan bergotong royong yang saat ini sudah sangat susah ditemui.

"Mereka mengatakan bagaimana mungkin saat ini ada sistem yang mampu menggerakkan masyarakat yang berbeda strata, profesi, jenis kelamin, suku dan ras, namun bisa bersatu pada waktu yang sama dengan melakukan hal yang sama dengan tujuan yang sama pula," tambahnya.

Fasha berharap, apresiasi itu dapat memotivasi para Camat, Lurah dan Ketua RT se Kota Jambi yang merupakan fokus program Bangkit Berdaya itu.

Bangkit Berdaya merupakan program membangun Kecamatan secara intensif yang berazaskan swadaya. Ini merupakan program percepatan pembangunan sarana prasarana dan utilitas lingkungan yang merata melalui bantuan bahan material/bangunan yang berbasis partisipasi masyarakat.

Program Bangkit Berdaya ini, khusus diperuntukkan bagi lingkungan RT yang usulannya belum dapat diakomodir pada Musrenbang Pemkot. Meski begitu, program ini mampu menciptakan pembangunan yang merata berbasis kepada masyarakat di wilayah kecamatan dan kelurahan supaya fokus pada pengembangan sarana/prasarana dan utilitas masyarakat.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari program ini. Selain memang menumbuhkan semangat kebersamaan pada warga, kegiatan ini juga sekaligus menghemat anggaran. Karena dalam 1 tahun, Pemerintah Kota Jambi hanya mengeluarkan dana sebesar Rp 7,5 milyar untuk membangun jalan-jalan lingkungan di kawasan RT.

Itu karena pengerjaan jalan langsung dilakukan oleh masyarakat secara suka rela dan gotong royong tanpa digaji atau mendapatkan honor dalam jumlah tertentu.


#Gan/HumasKemendagri

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas