Breaking

Monday, March 6, 2017

Keberlanjutan Pertanian Harapan terbesar Kepada Generasi Muda

MWawasan.Padang(SUMBAR) ~ Waktu berputar, zaman beredar. Seiring perjalanan waktu, sektor pertanian mengalami pasang surut. Lahan pertanian terus terdegradasi. Hal ini butuh perhatian dari segala pihak.

"Tahun depan kita tidak lagi perang bahan energi, tetapi pangan," ujar Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat saat diwawancarai, kemarin.

Dijelaskan Syahrial, untuk menyelamatkan sekaligus keberlanjutan pertanian sangat ditumpangkan kepada generasi muda. Meski diakuinya kecenderungan pemuda menggeluti pertanian semakin menurun dari tahun ke tahun.

"Berdasarkan data statistik terus mengalami penurunan dari waktu ke waktu," tukas alumnus Fakultas Pertanian Universitas Andalas itu.

Dijelaskannya, tren penurunan itu terjadi setiap sepuluh tahun. Penurun setiap sepuluh tahun itu sekitar sepuluh persen.

"Kini tinggal 30 persen pemuda di Indonesia yang menggeluti pertanian," terangnya.

Di Padang saat ini juga mengalami pengurangan lahan pertanian, seperti sawah dan lainnya. Dulu, sawah di Padang mencapai 15.000 hektare. Namun kini hanya tinggal 6.474 hektare.

"Dua tahun mendatang diperkirakan tinggal 5.000 hektare, semua karena pesatnya pembangunan," kata Syahrial.

Disebutkan Syahrial, dengan semakin berkurangnya lahan pertanian menjadi suatu tantangan bagi generasi muda dalam mempertahankan pangan di Indonesia. Dirinya berharap, mahasiswa yang kini menimba ilmu di fakultas pertanian dapat mengambil peran itu nantinya.

"Ini tantangan bagi generasi muda kita," ucapnya.

Sisi lain Syahrial menyebut, generasi muda diharapkan dapat sukses nantinya. Apalagi pada bonus demografi nanti, penduduk Indonesia akan didominasi usia muda.

"Untuk bisa sukses, generasi muda saat ini mesti membekali diri dengan menggeluti organisasi, penguasaan bahasa asing, serta agama," tutupnya.


#Gan/Charlie

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas