Breaking

Wednesday, March 15, 2017

Kesra Pemko Padang Gelar Pelatihan LKAAM

MWawasan.Padang(SUMBAR) ~ Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumatera-Barat memiliki misi mewujudkan Kota Padang menjadi kota pendidikan, Perdagangan, dan Pariwisata yang sejahtera, religius, serta berbudaya. 

Untuk itu butuh perhatian bersama dalam menjaga prilaku ana-anak dan generasi muda di kota tercinta ini, jangan sampai terlibat pada hal yang tak diinginkan bersama, seperti pergaulan bebas, tawuran, apalagi Narkoba yang menghancurkan masa depan mereka. 

Demikian disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah pada kegiatan Penguatan Lembaga Adat dan pelatihan yang dilaksanakan Bagian Kesra Pemko Padang di aula masjid Agung Nurul Iman Padang, Rabu (15/3).

Untuk itu, kata Wako Mahyeldi keberadaan Lembaga Adat di Kota Padang harus tetap terjaga, pelihara dimasa mendatang. Di Kota padang ada 10 kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN), dan 11 Lembaga Kerapatan Adat ALam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang yang tersebar di 11 kecamatan. 

Maka Pemko Padang selalu memberikan perhatian yang besar terhadap kegiatan keagamaan, Adat, dan Budaya serta kesejahteraan masyarakat. Peranan Lembaga Adat amat dibutuhkan pula memberikan pemahaman tentang norma adat, agar mereka bisa menjauhi berbagai kegiatan yang merusak dirinya sendiri.

Selanjutnya, dengan adanya pelatihan penguatan pengurus lembaga adat, maka diharapkan keberadaan KAN, LKAAM, FTT, Tuo Silek, Bundo Kanduang dan generasi pewaris pemangku adat menjadi semakin baik dimasa mendatang. Sekaligus merupakan wadah untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam rangka mewujudkan kinerja lembaga adat yang lebih mandiri dan profesional.

Ketua Pelaksana kegiatan Penguatan Lembaga Adat tersebut Jamilus, S.Ag yang juga Kepala Bagian Kesra menyampaikan, sasaran dari kegiatan ini melatih pengurus lembaga adat agar memperoleh ilmu pengetahuan tentang kelola administrasi lembaga adatnya. 

Tujuannya adalah meningkatkan peranan pengurus LKAAM, Bundo Kanduang,Puti Bungsu, serta sasaran Silek se Kota Padang dan dalam rangka penguatan Lembaga Adat di Kota Padang.

Peserta dari pelatihan berjumlah 180 orang yang terdiri dari utusan KAN, LKAAM Kecamatan, Kota ,Utusan Forum Tungku Tigo Sajarangan, Bundo Kanduang Kelurahan, Rang mudo Kecamatan, Kota, Puti Bungsu Kota dan Kecamatan, utusan sasaran Silek dan utusan SLTA sebanyak 18 orang. Pelatihan selama dua hari Rabu dan Kamis (15-16/3/2017) di di aula masjid Agung Nurul Iman Padang.

Hasil yang diharapkan, kata Jamilus, meningkatnya peranan pengurus KAN, LKAAM, Bundo Kanduang, Forum Rang Mudo dan Puti Bungsu dalam rangka penguatan Lembaga Adat di Kota Padang. 


#Gan/Bustam/Faisal

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas