Breaking

Thursday, March 16, 2017

KSB Gunung Pangilun Telah Terbentuk, Sukarelawan Tanggap Penanggulangan Bencana

MWawasan.Padang(SUMBAR) ~ Peran Kelompok Siaga Bencana (KSB) memang sangat penting sebagaimana diminta mampu senantiasa siap tanggap dalam membantu penanggulangan bencana alam di Kota Padang. 

Menyikapi itu, di Kelurahan Gunung Pangilun Kecamatan Padang Utara telah terbentuk KSB baru-baru ini. Sehingga sesuai tugas dan fungsinya diharapkan bisa berbuat mulai dari sebelum maupun setelah terjadinya bencana.

Lurah Gunung Pangilun menyebut atas nama pemerintah kelurahan menyambut positif dibentuknya KSB di Gunung Pangilun. Katanya, dengan adanya KSB di Gunung Pangilun tentu diharapkan dapat membawa masyarakat lebih siap siaga dan dapat mengambil sikap dalam menanggulangi bencana.

‘’Semoga, terbentuknya KSB Gunung Pangilun dapat membantu mengurangi angka korban jiwa dan harta benda akibat dari berbagai bencana alam yang terjadi di sini,” harap Andi kepada para Pengurus KSB yang melibatkan unsur dari pemerintah kelurahan, PKK, tokoh masyarakat, kepemudaan se-Kelurahan Gunung Pangilun tersebut.

Andi megatakan, ia pun menilai keberadaan KSB sangat penting selaku ujung tombak yang berperan langsung dalam upaya penanggulangan bencana di tengah-tengah masyarakat. Baik mulai dari upaya pencegahan, lalu kesiapsiagaan, tanggap darurat juga sampai ke rehabilitasi ringan pasca bencana.

“Secara umum adanya KSB merupakan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat yang dinilai mampu meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. Dan hal itu terbukti, dari pengalaman beberapa tahun sebelumnya memang salah satu indikator yang meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bencana itu salah satunya dengan sudah banyaknya terbentuk KSB di tingkat kelurahan khususnya di zona merah gempa,” pungkasnya. 




#Gan/David

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas