Breaking

Tuesday, March 7, 2017

Memetik Peluang Kerja Sama ASEAN di Iloilo City

MWawasan.FILIPINA ~ Pada jamuan makan malam  22nd Senior Officials' Committee for the ASCC (SOCA) Meeting di kota Iloilo, Filipina tanggal 6 Maret 2017, Y. B. Satya Nananugraha, Sekretaris Kementerian Koordinator Pembangunan Bidang Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) selaku ketua SOCA Indonesia bertukar pandangan dengan Walikota Iloilo, Mr. Jed Patric Mabilog mengenai potensi kota Iloilo dan perkembangan kerja sama ASEAN selama 50 tahun terakhir.

Satya Nananugraha menyampaikan bahwa Indonesia sangat  menitikberatkan perhatiannya terhadap isu-isu yang menjadi agenda utama kerja sama sosial budaya ASEAN yaitu seperti isu pemajuan dan perlindungan hak-hak pekerja migran, peran aparatur sipil negara sebagai katalis bagi pencapaian ASEAN Community Vision 2025  serta pengelolaan bencana alam. Hal ini sejalan dengan salah satu bidang prioritas tematik dibawah kepemimpinan Filipina tahun 2017 yaitu "A people oriented and people-centered ASEAN".

Kedua isu terakhir telah mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik sementara itu isu perlindungan terhadap hak-hak pekerja migran sampai saat ini masih menjadi pembahasan bersama negara anggota ASEAN dan dalam proses finalisasi.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Patric Mabilog menyampaikan bahwa isu pemajuan dan perlindungan pekerja migran juga menjadi perhatian penting Pemerintah Kota Iloilo mengingat Iloilo merupakan salah satu kota pengirim tenaga kerja ke luar negeri yang cukup besar di Filipina. Selain itu juga, disampaikan bahwa Pemerintah Kota Iloilo telah menyusun kebijakan terkait dengan Resilient Capacity Building for Cities and Municipalities to Reduces Disaster Risks di mana kebijakan ini diambil karena Iloilo rentan terhadap bahaya bajir.

Disampaikan juga dalam rangka meningkatkan kapasitas dan produktivitas Aparatur Sipil Negara di Iloilo, Pemerintah Kota Iloilo telah melakukan sejumlah kegiatan peningkatan kompetensi melalui sektor pendidikan dan pelatihan. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan Iloilo menghadapi tantangan dan peluang Komunitas ASEAN Pasca 2015.

Dalam kaitannya dengan Komunitas ASEAN Pasca 2015, kedua belah pihak melihat banyak peluang ke depannya yang dapat dijajaki lebih lanjut. Iloilo memiliki potensi sektor MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) yang berkontribusi cukup signifikan bagi ekonomi setempat.

 

#Gan/Humas Dit. KSBA​)

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas