Breaking

Wednesday, April 5, 2017

Empat Diplomat Muda Gali Potensi Ekonomi Tana Toraja

MWawasan.TORAJA ~ Empat orang diplomat muda yang tergabung dalam Tim Tana Toraja dan Toraja Utara dari Sekolah Staf Dinas Kementerian Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan Ke-58 beserta Direktur Sesdilu, Nana Yuliana, telah melakukan pertemuan dan diskusi dengan Bupati Tana Toraja, Ir. Nicodemus Biringkanae, pada hari Selasa, 4 April 2017.  Pertemuan berlangsung di Rumah Jabatan Bupati Tana Toraja di Makale dan dihadiri pula oleh jajarannya antara lain Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata, Kadis Perdagangan dan Perindustrian, Kadis Pertanian, Kadis Pekerjaan Umum, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Pendidikan, LSM dan pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Nico menyampaikan bahwa Tana Toraja telah menyandang predikat sebagai daerah inti kawasan strategi nasional dan salah satu destinasi kawasan strategis pariwisata nasional. Untuk itu Bupati Nico mengharapkan kerja sama dengan Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Luar Negeri untuk dapat membantu promosi keunggulan Kabupaten Tana Toraja di bidang pariwisata, perekonomian, investasi dan pertanian. Bupati Nico juga mengharapkan Kementerian Luar Negeri dapat membantu pengembangan jejak jelajah sister city Tana Toraja dengan kota-kota lain di luar negeri.

Direktur Sesdilu dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan Sesdilu 58 merupakan bagian dari kurikulum dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemlu agar para diplomat yang nantinya akan bertugas di Perwakilan RI di luar negeri dapat mengenali potensi perdagangan, investasi dan pariwisata secara langsung, sebagai bagian dari experiential learning, peserta diharapkan memiliki ownership terhadap daerah yang ada di Indonesia.  Hal tersebut sejalan dengan salah satu prioritas kebijakan luar negeri Indonesia yaitu melakukan diplomasi ekonomi yang membumi serta dapat memberikan manfaat langsung bagi rakyat.

Selanjutnya, pada pertemuan ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tana Toraja, Yunus Sirante menyampaikan paparan mengenai ekspose potensi unggulan Kabupaten Tana Toraja di sektor perekonomian, pertanian, investasi, serta budaya dan pariwisata. Tana Toraja mengharapkan investor untuk pengembangan pariwisata bernuansa lingkungan seperti pembangunan technopark serta pembangunan resor/hotel bertaraf internasional, ujarnya.  Wisata Religi Burakke, Pekuburan Tebing Batu Lemo, dan Desa Wisata Tradisional Salluallo di Kecamatan Sanggalla sebagai desa tenun juga dikunjungi oleh peserta.

Selanjutnya, tim akan melakukan pertemuan dengan Bupati Toraja Utara beserta jajarannya, dan berkunjung ke SMAN 1 Rantepao sebagai bagian dari program Kemlu Goes to School.  Tana Toraja dan Toraja Utara merupakan salah satu daerah yang dikunjungi oleh peserta Sesdilu Angkatan 58 kali ini disamping enam tim lain berkunjung ke Bengkulu, Wonosobo, Pekalongan, Tarakan, Kendari, dan Gorontalo.​
 



#Gan/Humas Pusdiklat/UPT Sesdilu

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas