Breaking

Wednesday, April 26, 2017

Menteri KP Susi Pudjiastuti Bertemu WNI di Belgia 'Cerita Perkembangan RI'

MWawasan.Brussel~ Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, bertemu dengan sekitar 200 masyarakat Indonesia di Belgia pada 24 April 2017. Masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai kota di Belgia serta terdiri dari mahasiswa, profesional, ibu rumah tangga, dan lainnya, memadati ruang pertemuan KBRI Brussel guna dapat bertemu langsung dengan Menteri Susi dan mendengarkan "oleh-oleh" kabar perkembangan dari Indonesia. 

"Laut Indonesia adalah milik kita semua dan untuk itu perlu kita kelola bersama dengan baik dan berkelanjutan agar Indonesia dapat menjadi poros maritim dunia dan agar kekayaan laut tersebut dapat kita wariskan kepada generasi yang akan datang," ucap Menteri Susi. Sudah banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk kembali menegakkan kedaulatan kita atas wilayah dan kekayaan isi laut Indonesia. Hal ini termasuk pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal, tambahnya.

Menteri Susi juga bercerita mengenai pengalamannya dalam menghadapi berbagai tantangan pekerjaan, termasuk dalam menemui para wakil negara-negara asing yang nelayannya melakukan penangkapan secara ilegal di perairan Indonesia. Berkat upaya tegas pemerintah, kini populasi ikan di perairan Indonesia jumlahnya mulai pulih kembali, termasuk spesies yellow fin tuna yang diminati pasar Eropa.

Menteri Susi menjelaskan bahwa pemerintah tengah berupaya keras menarik investasi asing untuk menanam modal di infrastruktur penunjang dan transportasi logistik, sedangkan usaha penangkapan ikan sepenuhnya melalui PMDN. Menteri Susi menambahkan bahwa industri perikanan Indonesia secara statistik terus menguat dan sekarang merupakan saat yang tepat untuk melakukan investasi di bidang ini.

 Dubes Indonesia untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Yuri Thamrin, di dalam sambutan pembukanya menyebut bahwa masih dalam semangat perayaan Hari Kartini, Ibu Kartini pun akan bangga bila dapat melihat prestasi yang diraih Menteri Susi. Pada akhir diskusi interaktif, masyarakat berlomba-lomba untuk dapat melakukan selfie dengan Menteri Susi. 

 Di hari yang sama Menteri Susi telah melakukan pertemuan dengan Komisioner Kelautan dan Lingkungan Hidup Uni Eropa, Karmenu Vella dan membuka 6th European Tuna Conference. Tanggal 25 April 2017, Menteri Susi direncanakan membuka paviliun Indonesia pada Seafood Expo Global – Brussels. 




#Gan/kbribrussel/ip

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Senin 14 Oktober 2024"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas