Breaking

Monday, May 1, 2017

Dengan Konvoi Buruh Di Aceh Sampaikan Tuntutan

MWawasan.ACEH~ Aksi buruh ini digelar sejak pagi tadi sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (1/5). Massa berkumpul di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Di sana, mereka berorasi secara bergantian sebelum memulai konvoi.

Dengan Pengeras Suara Sejumlah kendaraan roda dua, roda empat dan truk yang dipakai untuk konvoi ke sejumlah ruas jalan protokol, mereka menyampaikan 'unek-unek' secara bergantian.

Dalam aksi hari ini, massa buruh juga menyampaikan sejumlah tuntutan lain baik berskala nasional atau pun hanya untuk Aceh. Mereka juga mengharapkan kepada Pemprov agar aturan tentang cuti enam bulan bagi ibu hamil dapat dilaksanakan di seluruh instansi dan perusahaan.

Aksi massa buruh dari berbagai daerah di Aceh ini mendapat pengawalan dari pihak kepolisian. Aparat penegak hukum ini berjalan di depan konvoi dengan mengendarai motor trail. Saat tiba di gedung dewan, mereka juga diarahkan agar segera masuk ke pekarangan.

Ketua Aliansi Buruh Aceh, Saifulmar, mengatakan, dalam aksi May Day kali ini, buruh di Aceh meminta pemerintah untuk menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp 650 ribu. Dengan adanya kenaikan ini, UMP Aceh pada 2018 menjadi Rp 3.150.000.

"Mau tak mau, senang tidak senang ini adalah tuntutan buruh," terang Saiful kepada wartawan di sela-sela aksi.

Selain itu, buruh di Aceh juga menuntut pemerintah agar segara mengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) yang mengatur tentang tunjangan hari meugang. Pasalnya, di Aceh punya tradisi meugang yang digelar dua hari menjelang Ramadan.

"Ini sudah mulai dekat puasa. Kita sangat mengharapkan pemerintah mengeluarkan Pergub tentang tunjangan meugang. Ini impian seluruh buruh di Aceh," papar Saiful.


No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas