Breaking

Friday, May 5, 2017

Tingkatkan Ekonomi, Sister City Padang-Freemantle Dibentuk

MWawasan.Perth~ Sebagai langkah meningkatkan dan mengembangkan hubungan Indonesia dan Australia terutama Australia Barat,  KJRI Perth terus berupaya mendorong dan memfasilitasi interaksi maupun kerja sama antara kota-kota di Indonesia dengan kota-kota di Australia Barat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh KJRI Perth melalui fasilitasi keinginan Pemerintah Kota Padang dan Pemerintah Kota Freemantle, Australia Barat untuk  mempererat dan meningkatkan hubungan kedua kota tersebut dari sebelumnya Friendship City menjadi Sister City.

Harapan tersebut akhirnya dapat terlaksana dengan penandantangan Letter of Intent atau Surat Pernyataan Kehendak untuk pembentukan kerja sama Sister City oleh Walikota Padang Mahyeldi dan Walikota Fremantle Brad Pettitt pada tanggal 3 Mei 2017. Penandatangan  tersebut juga disaksikan oleh sekitar 250 peserta yang menghadiri seminar dan rapat kerja III Indian Ocean Local Government Forum (IOLGF) Indonesia yang diantaranya adalah Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ketua  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, pejabat dari berbagai Pemerintah Kota dan Kabupaten, Universitas, dan Sekolah Menengah.

LoI menyepakati 4 sektor kerja sama yang akan menjadi fokus program Sister City yaitu sektor pariwisata dan budaya, perdagangan dan investasi, pembangunan infrastruktur, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia. Kesamaan niat membentuk kerja sama yang tertuang dalam LoI tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan pembuatan dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Dalam sambutannya, Walikota Padang menyampaikan harapannya agar proses pembentukan kerja sama Sister City berjalan lancar dan dapat memberikan hasil nyata bagi kedua kota. “Kita melihat perkembangan Kota Fremantle dari sisi pariwisata, penataan kota, dan pelabuhan sangat mengagumkan. Ini suatu keunggulan yang dapat kita ikuti” ungkap Mahyeldi. Selain itu, Mahyeldi juga mengungkapkan peluang membangun kerja sama perdagangan dan peningkatan SDM antara dua kota 

Di sisi lain, Mayor Fremantle Brad Pettitt mengatakan Padang memiliki potensi yang tidak kalah dari Fremantle. Brad menilai keindahan alam kota Padang sebagai potensi pariwisata yang sangat besar. Hal yang menarik perhatiannya yang lain adalah upaya pembangunan jalur transportasi antar kedua kota. “Sekiranya jalur transportasi laut dapat diupayakan, maka perdagangan antara kota Padang dan Fremantle akan lebih praktis” ujarnya.

Delegasi kota Fremantle berada di Kota Padang selama 5 hari selain untuk penandatanganan LoI juga menghadiri lomba selaju sampan dan panen udang vaname bersama Walikota Padang dan  mengunjungi beberapa perusahaan antara lain PT Semen Padang, Pelabuhan Teluk Bayur, dan PT Dempo.

Kedepannya,  kerja sama ini dapat mendorong wisatawan Australia Barat untuk berkunjung ke Padang dan kedua kota dapat menyelenggarakan kegiatan wisata bersama seperti lomba layar Freemantle – Padang. 
 



#Gan/Humas KJRI Perth​

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas