Breaking

Tuesday, June 27, 2017

Dubes RI di Kyiv Serahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Armenia


MWawasan.Kyiv(UKRAINA)~ Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi, telah melakukan penyerahan Surat Kepercayaan (credentials) kepada Presiden Armenia, H.E. Serzh Sargsyan (23/6). Kepada Presiden Sargsyan, Dubes Yuddy mengungkapkan 3 prioritas kerjanya untuk Armenia yaitu pariwisata, pendidikan, dan bisnis. Presiden Sargsyan menyambut baik rencana tersebut dan mengucapkan selamat bertugas bagi Dubes Yuddy. Presiden mengatakan bahwa Armenia siap membantu KBRI Kyiv untuk mewujudkan program kerja Dubes RI karena Indonesia merupakan negara yang berpengaruh di Asia Tenggara dan juga dunia. 

Selain menyerahkan credentials, Dubes Yuddy juga melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Armenia, Armen Papikyan, Direktur Aspasaf Kemlu Armenia, Areg Havannisian, dan Dirjen Protokol Kemlu Armenia, Armen Adhajanyan. Pada pertemuan tersebut, Dubes Yuddy berkomitmen untuk meningkatkan intensitas hubungan bilateral RI-Armenia dengan mencanangkan kunjungan pejabat Indonesia setidaknya tiga kali ke Armenia pada 2018. Pemerintah Armenia menyambut baik inisiatif tersebut dan juga berharap Indonesia dapat membuka perwakilan di Yerevan karena Armenia telah membuka perwakilan di Jakarta sejak 2013. 

Didampingi oleh Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Yerevan, Dr. Yervand Voskanyan, dan Sekretaris Kedua Fungsi Ekonomi KBRI Kyiv, Frass Kamasa, Dubes Yuddy juga melakukan pertemuan dengan Dirjen Kadin Armenia, Andranik Aleksayan, wakil Rektor Yerevan State University, Alexandr Bribornyar, dan ketua Masjid Biru Yerevan, Syeikh Shajian. 

Dalam pertemuan dengan Kadin, Dubes Yuddy menyampaikan rencana untuk membawa misi dagang dan investasi dari Pemprov Jawa Timur dalam rangkaian Forum konsultasi Bilateral RI-Armenia pada 7 September 2017. Dubes Yuddy juga mengundang Kadin Armenia untuk menghadiri Trade Expo Indonesia pada 11-15 Oktober 2017 dan berharap terwujudnya direct trade antara Armenia-Indonesia. 

Dalam pertemuan dengan Wakil Rektor Yerevan State University (YSU), kedua pejabat menyepakati diseminasi informasi program studi farmasi di YSU yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dapat ditawarkan kepada mahasiswa/i Indonesia. YSU mempunyai keunggulan dalam bidang sains dan dapat menjadi destinasi belajar orang Indonesia. Dubes Yuddy berkomitmen untuk menyebarluaskan info tersebut kepada Kemdiknas, Dikti, dan BPPT. 

Selain itu, Dubes Yuddy juga melakukan silaturahim ke komunitas Islam Yerevan yang berpusat di Masjid Biru Yerevan. Dalam pertemuan dengan Ketua Masjid, Dubes Yuddy menyambut baik usulan untuk adanya sister mosque antarkedua negara. Hal ini baik untuk meningkatkan people-to-people contact, memperkenalkan Islam yang rahmatan lil alamin, dan dapat memicu arus wisata ke kedua negara.
 





#Gan/KBRI Kyiv/Frass Kamasa

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas