Breaking

Tuesday, June 27, 2017

Masyarakat Indonesia di Bangkok Gemakan Takbir Tahlil dan Tachmid

MWawasan.Bangkok(THAILAND)~ ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLAALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMD.

Gema takbir dan tachmid dikumandangkan, masyarakat Indonesia di Bangkok menyambut Hari Kemenangan  Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. Doa mengenai kebesaran Allah SWT terus bergema dibacakan oleh masyarakat Indonesia sambil berkeliling bersalaman.

Sebelumnya, sekitar 900 orang masyarakat Indonesia yang sedang berada di Bangkok dan beberapa kota lainnya di Thailand berkumpul di Gedung Olahraga KBRI Bangkok guna mengikuti Shalat Idul Fitri. Terdapat sejumlah turis Indonesia yang kebetulan sedang melancong ke Bangkok ikut bergabung melaksanakan shalat Idul Fitri di KBRI Bangkok. 

Bertindak sebagai imam shalat adalah  Ustadz Suherman Hasbulloh Husin, da’i dari Dompet Dhuafa. Sementara yang bertindak sebagai Khatib adalah Prof. Dr. Mustari Mustafa, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok. Dalam khutbahnya yang bertema “Idul Fitri sebagai Paku Pengaman Pesan Penegakkan Moralitas Sosial Kemanusiaan yang Universal”. Prof. Mustari menyampaikan antara lain bahwa konsep Fitrah mengingatkan bahwa manusia berakar pada sifat-sifat fitrah yaitu al basyar (makhluk sosial), al ins (makhluk beradab), al insan (khilafah), dan an nass (anak- cucu Adam Hawa). Dengan mengaktualisasikan sifat-sifat tersebu umat Islam harus tampil sebagai pembawa rahmat dan kasih sayang serta kemajaun.

Sementara itu,  dalam ucapan Selamat Idul Fitri 1438 H yang ditayangkan oleh statsiun TV Metro, Duta Besar RI untuk kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi mengajak masyarakat untuk hidup lebih baik dan meningkatkan persaudaraan agartercipta perdamaian.  

Setelah selesai melaksanakan Shalat Idul Fitri, masyarakat Indonesia menghadiri acara silaturahmi atau open house yang diselenggarakan oleh Duta Besar RI untuk kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi, beserta Ibu Anita Rusdi. Acara tersebut dihadiri pula oleh masyarakat Indonesia pemeluk agama lainnya. 

Suasana tampak penuh persaudaraan dan kebahagiaan. Maklum, dalam acara tersebut masyarakat Indonesia di Thailand selain saling meminta maaf juga saling bertemu dan bercengkrama. Suasana Lebaran semakin terasa karena tuan rumah menyajikan makanan lebaran seperti ketupat, gulai, opor ayam, krupuk emping dan sebagainya. Tak ketinggalan makanan kecil khas lebaran seperti kue Nastar dan kue keju lainnya dihidangkan untuk dinikmati para pengunjung. ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR, LAA ILAAHA ILLAALLAAHU WALLAAHU AKBAR, ALLAAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMD. 





#Gan/ KBRI Bangkok


No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas