Breaking

Monday, July 31, 2017

Dubes Esti RI Republik San Marino Andayani Serahkan Surat Kepercayaan kepada Dwi Kepala Negara San Marino


MWawasan.San Marino~ Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik San Marino, Esti Andayani, menyerahkan Surat Kepercayaan dari Presiden RI kepada Dwi Kepala Negara Republik San Marino, Y.M. Mimma Zavoli dan Y.M. Vanessa d'Ambrosio pada hari Rabu, pekan lalu. Prosesi penyerahan Surat Kepercayaan tersebut berlangsung di Palazzo Pubblico, Citta di San Marino, yang dimulai dengan penghormatan dari pasukan pengawal Palazzo Pubblico. 

Prosesi penyerahan Surat Kepercayaan berlangsung dalam suasana penuh kehangatan dan persahabatan, Dubes Esti Andayani telah meminta dukungan penuh Dwi Kepala Negara Republik San Marino dalam pelaksanaan tugas sebagai Duta Besar untuk Republik San Marino. 

"Saya ingin agar San Marino lebih akrab di telinga masyarakat Indonesia, baik untuk pariwisata maupun potensi ekonominya. Demikian pula sebaliknya, masyarakat San Marino perlu lebih mengenal Indonesia agar kerja sama dan hubungan antar-negara, antar-warga, bisa terjalin lebih erat," tutur Dubes Esti Andayani, yang didampingi oleh Counselor Politik KBRI Roma, Carolina Tinangon.
 
Sehari sebelum penyerahan Surat Kepercayaan, Duta Besar RI yang sehari-hari berkedudukan di Roma, Italia, ini juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Republik San Marino, Y.M. Nicola Renzi, dan perwakilan Kamar Dagang Republik San Marino. Pertemuan-pertemuan tersebut sebagai upaya untuk mencari peluang baru dan peningkatan hasil nyata bagi hubungan dan kerja sama bilateral khususnya di sektor-sektor yang menjadi fokus kepentingan nasional seperti perdagangan, ekonomi, sosial dan budaya serta pariwisata. 

Menlu San Marino menyampaikan keyakinannya bahwa penunjukan Dubes Esti Andayani akan memberikan kontribusi aktif dalam meningkatkan kerja sama dan hubungan bilateral. "Republik Indonesia dan Republik San Marino memang memiliki banyak perbedaan, namun keduanya memiliki warisan sejarah, budaya dan lingkungan yang luar biasa," ujarnya.

Sekilas tentang Republik San Marino

Republik San Marino merupakan negara Republik Demokratik Konstitusional tertua di dunia, dengan sistem pemerintahan yang cukup unik. Kepala Negara dijabat oleh dua orang sekaligus yang disebut dengan Captains Regent atau Dwi Kepala Negara. Dwi Kepala Negara tersebut dipilih oleh Great and General Council (Dewan Perwakilan Rakyat San Marino) dengan masa jabatan selama enam bulan. Setiap tahunnya, Republik San Marino mengadakan upacara pelantikan Dwi Kepala Negara sebanyak dua kali, yakni pada tanggal 1 April dan 1 Oktober. 

San Marino adalah negara enclave yang terletak di Semenanjung Italia sebelah Timur Laut. Tak heran, interaksi masyarakatnya sejak dahulu banyak berkaitan dengan Italia. Dengan populasi sekitar 33 ribu jiwa, Republik San Marino memiliki angka pendapatan perkapita yang sangat tinggi, mencapai USD 65 ribu. Perekonomian negara ini ditopang oleh sektor jasa dan industri pariwisata serta perbankan.

"Negeri di awan". Sepenggal frasa tersebut mungkin pas untuk menggambarkan San Marino, yang termasuk lima negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Pusat kota Citta di San Marino, ibukota Republik San Marino, terletak di puncak gunung Titan sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Dari Palazzo Pubblico, tempat dilaksanakannya penyerahan Surat Kepercayaan, terhampar pemandangan yang begitu indah. Langit biru dan awan putih melengkapi lukisan indah lembah dan bukit yang hijau. Posisi pusat pemerintahan San Marino tersebut membuat seolah kita tengah berada di antara awan-awan yang berarak.

Keindahan ibukota negara tersebut juga telah memikat Dubes Esti Andayani yang baru kali ini berkesempatan mengunjungi San Marino. Dalam percakapan informal dengan Dwi Kepala Negara seusai penyerahan Surat Kepercayaan, Dubes Esti Andayani menyampaikan rasa bahagianya dapat mengunjungi San Marino yang begitu indah. 




#Gan/Fungsi Penerangan KBRI Roma

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas