Breaking

Tuesday, August 1, 2017

Laos Antusias Belajar Banyak Tentang Pengelolaan Diklat Diplomatik


MWawasan.JAKARTA~ Menlu Laos, H.E. Saleumxay Kommasith sangat terkesan dengan berbagai program diklat yang diselenggarakan Pusdiklat Kemlu dan kemajuan kerjasama diklat kedua negara. Hal itu diungkapkan Menlu Laos saat mengunjungi Pusdiklat pada tanggal 27 Juli 2017 sebagai bagian dari kegiatan The 5th Joint Commission for Bilateral Cooperation  (JCBC) RI-Laos.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemlu, Bapak Mayerfas ikut menyambut Menlu Laos dengan menyampaikan penghargaan atas kunjungan Menlu Laos ke Pusdiklat sebagai bukti kuat keinginan Laos untuk meningkatkan kerjasama Laos-Indonesia, khususnya di bidang pendidikan dan pelatihan diplomatik. Sekjen menambahkan bahwa kerjasama dengan berbagai institusi dalam diklat diplomatik terus didorong, khususnya dengan institusi di kawasan ASEAN, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi diplomat ASEAN yang diharapkan menunjang percepatan kerjasama ASEAN menuju integrasi ASEAN.

Kapusdiklat menyampaikan paparan tentang program-program diklat diplomatik dan non-diplomatik/teknis yang diberikan Pusdiklat bagi diplomat Indonesia dan diplomat asing serta perkembangan MOU kerjasama Pendidikan dan Pelatihan diplomatik antara Indonesia-Laos sejak ditandatangani pada tanggal 21 Agustus 2008.  Sebelum pemaparannya, telah ditayangkan video singkat tentang sejarah, perkembangan dan program-pogram diklat di Pusdiklat Kemlu.

Menlu Laos menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas perkembangan kerjasama pendidikan dan pelatihan diplomat Indonesia-Laos. Sejak tahun 2008 sebanyak 46 diplomat Laos telah mendapatkan berbagai pelatihan di Pusdiklat Kemlu. Pengetahuan dan ketrampilan yang mereka peroleh selama di Pusdiklat Kemlu sangat berguna bagi kelancaran pekerjaan diplomat Laos. 

Menlu Laos berharap agar Kemlu melalui Pusdiklat dapat melatih lebih banyak diplomat Laos di masa mendatang. Menlu Laos menambahkan bahwa melalui kunjungan tersebut, Laos hendak mengetahui lebih banyak tentang Pusdiklat Kemlu dan berharap agar Pusdiklat Kemlu dapat menawarkan dukungan bagi pengembangan Institute of International Relations yang tengah dilakukan di Kemlu Laos.

Acara kunjungan diakhiri dengan peninjauan ke fasilitas-fasilitas yang ada di Pusdiklat dan ramah tamah.




#Gan/ Pusdiklat Kemlu

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas