Breaking

Wednesday, August 2, 2017

Persatuan Lansia Panyakalan, Berdaya Guna di Masa Tua


MWawasan, Solok(Sumbar)~Kebanyakan manusia di waktu tua tidak memiliki daya guna lagi karena semuanya serba terbatas namun berbeda dengan lansia (lanjut usia) yang ada di Nagari Panyakalan Kecamatan Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat. Di Nagari Panyakalan ini memberdayakan lansia  dengan kegiatan-kegiatan yang memiliki nilai guna.

Drs Aswardi Syam selaku Ketua Persatuan Lansia Panyakalan kepada koran ini, Minggu (30/7)  di sela-sela kegiatan rutin lansia menuturkan, kegiatan-kegiatan lansia Nagari Panyakalan ini ditopang oleh pra lansia sehingga apa pun kegaiatan yang dilaksanakan oleh para lansia berjalan dengan maksimal, ungkapnya dengan senyum.

Sebenarnya lansia Nagari Panyakalan sudah lama terbentuk namun tidak ada kegiatan atau vakum namun kembali diaktifkan 2012, Alhamdulillah sampai saat ini masih aktif.

Sementara anggota lansia Nagari Panyakaan ini sudah teregistrasi sekitar 108 orang yang mana anggotanya adaah lansia dan pra lansia.

Lansia Nagari Panyakalan memiliki visi sederhana yaitu Berdaya Guna di Masa Tua sementara untuk menjalankan visi tersebut tentu ada misi yang akan dilaksanakan dintaranya; senam setiap minngu, tausiyah agama satu kali sebulan minggu kedua, penyuluhan kesehatan setiap bulan minggu ketiga, rekreaksi minimal satu kali setahun, dakwah wisata satu kali dalam setahun  dan bank sampah.

Dimana, Bank Sampah dipimpin oleh seorang direktur dengan kegiatan mengumpulkan sampah dan beras genggam, dimana  sekali 15 belas hari para lansia membawa sampah dan beras genggam.

Setidaknya selama satu bulan terkumpul 500kg sampah. Sampah dan beras genggam ini nantinya dijual dan hasilnya ditabung. Dana dari tabungan ini akan dipergunakan pada kegiatan rekreasi lansia, jelasnya lagi.

Disamping itu juga ada sepeda santai fun back community, kegiatan ini dilaksanakan setiap kelender merah kecuali hari minggu.

Kelompok KRPL (kawasan kuliner pangan lestari) dimana kegaiatan ini pemanfaatan perkarangan rumah sehingga memiliki nilai guna. Kegiatan ini langsung dibimbing oleh PPL( penyuluh pertnian lapangan).

Tidak itu saja untuk penyaluran bakat para lansia, kami juga buat group rabanaqasidah lansia.
Sebagai kita ketahui semua tahun 2016 kemaren Lansia Nagari Panyakalan telah melaksanakan rekreasi wisata ke Yogyakarta dan Minggu (7/5) 2017 melaksanakan wisata dakwah ke Puncak Anai kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi. Pada acara ini dilepas oleh Nofiarman Kabag Kesra Pemda  Solok dan Sepristismen Wakil Ketua DPRD Kab.Solok, ungkap Drs. Aswardi Syam.

Walaupun lansia Nagari Panyakalan bisa melaksanakan kegiatan sendiri namun dukungan penuh dari pemerintah daerah baik sarana maupun prasarana untuk menjalankan visi dan misi lansia Nagari Panyakalan sangat diharapkan, tambah pensiunan PNS ini.

Begitu juga kepada para lansia kita himbau untuk satukan kekuatan menjadi satu energi/tenaga yang bisa membantu diri sendiri, masyarakat dan pemerintah. “Agar lansia dan pra Lansia Nagari 
Panyakalan bisa berdaya dan berguna dalam membangun masyarakat Nagari Panyakan khususnya Kabupaten Solok dan Sumatera Barat.

Setidaknya para lansia yanga ada di Nagari Panyakalan tidak menyusahkan orang lain, bisa mempergunakan sisa-sisa umur untuk disumbangkan kepada masyarakat secara bersama-sama, ungkapnya mengakri. 


#Buya


No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas