Breaking

Saturday, June 10, 2023

Dishub Pulang Pisau Rencanakan Terminal Bukit Rawi Sebagai Rest Area Terpadu

MWawasan
, Pulang Pisau (KALTENG)~ Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) setempat akan segera menfungsikan terminal type C yang berlokasi di Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau.

Hal ini bertujuan untuk membantu kepentingan masyarakat guna meningkatkan ekonomi warga setempat serta meningkatkan Pendapatan Asli (PAD) Kabupaten Pulang Pisau melalui pemungutan retribusi daerah.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pulang Pulang Pisau, Dr. Supriyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at, (09/06/23).

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan segera mendayagunakan terminal type c tersebut sebagai rest area antara kota Palangkaraya dan Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Bangunan terminal ini sebelumnya memang sempat terhenti fungsinya, karena sempat terkendala terkait dengan aturan-aturan yang kurang singkron di masa sebelumnya, sehingga terminal ini sempat ditutup sementara", ucap Kadis Perhubungan, Dr. Supriyadi.

"Namun seiring waktu dan adanya perubahan aturan-aturan dimaksud serta karena kebutuhan yang mendesak, maka terminal Bukit Rawi itu akan segera kita dayagunakan untuk kepentingan masyarakat, baik masyarakat setempat maupun masyarakat pengguna jalan yang melintasi wilayah tersebut sebagai rest area", sambungnya.

Diterangkan, sehubungan dengan hak atau kepemilikan atas lokasi bangunan maupun fasilitas yang ada di terminal tersebut, pihaknya sudah melakukan inventarisasi atas aset yang ada di lokasi tersebut, sehingga dapat lebih memudahkan tahapan atau proses selanjutnya.

"Saat ini kami sudah menginventarisasi lokasi bangunan tersebut, sehingga nanti menjadi aset yang memang tercatat betul di Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau untuk memudahkan koordinasi kami dengan pihak-pihak terkait, salah satunya adalah Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau", tambahnya.

Karena anggaran dana yang memungkinkan untuk melaksanakan penambahan pembangunan maupun fasilitas ini diarahkan kepada Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau, maka pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan komunikasi intens dengan dinas terkait.

"Kita berharap, mudah-mudahan jika tidak ada masalah atau kendala, melalui dana Anggaran Belanja Tambahan (ABT) di tahun 2023 ini bisa dilaksanakan, ya Alhamdulillah, namun jika belum, semoga saja bisa tetap terlaksana di tahun depan 2024", harapnya.

Terakhir dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut untuk memperhatikan jumlah angkutan agar tidak melebihi kapasitas muatan.

"Karena keterbatasan kemampuan dari segi sarana dan prasarana yang dimiliki, maka saya menghimbau kepada pengguna roda empat dan roda enam, agar tidak melebihi kapasitas muatan untuk menjaga kondisi jalan ke depan tetap berfungsi dengan baik," pungkasnya.

#Alp 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Senin 14 Oktober 2024"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas