Breaking

Thursday, June 13, 2024

Dinkes Bersama Bupati Muratara gelar Gebyar Hari Lanjut Usia Nasional ke-28

MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Pemerintah Kabupaten Muratara Bersama Dinas Kesehatan kabupaten Musi Rawas Utara Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan, gelar Gebyar Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28. bertempat di halaman Kantor Camat Karang Jaya, Pada Kamis (13/06/2024). KL:9.00.Wib.

Hadir di acara Gebyar: Bupati Musi Rawas Utara H.Devi  Suhartoni, Camat Karang Jaya Hendri Kusuma Beserta Stafnya, Katua Tp.PKK Hj Rita Suryani, Ketua Bidang 1 Desi Trianggreini, dari Bank Sumsel Babel, Sekretaris Dinkes Zharifatush Shaliha,SST,M.AP, Kadis Pemuda dan Olah raga Yayan, Kadis Kominfo Zulnopa, Kadis Pendidikan Zazili, ada juga  Para OPD laninnya, Lurah, Para Kades Se-kecamatan Karang Jaya, dan Para ibu-ibu, bapak-bapak Lansia yang sempat hadir.

Kepala Dinas Kesehatan Tasman.Sst.M.Si. dalam sambutan nya, alhamdulillah kita sama-sama dapat hadir dalam acara yaitu hari lanjut usia nasional ke-28 Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara Mengusung tema "lansia terawat Indonesia bermartabat".

"Dalam hal ini ijinkan saya melporkan  Kepada  Bapak Bupati, bahwa giat Gebyar hari lanjut usia nasional ke-28 ini adalah diselenggarakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Utara, pada pagi hari ini tujuh Kecamatan itu menyelenggarakan senam lansia dan penyelenggaraan kegiatan dukungan lainnya.

"Dengan  harapan pada kegiatan lanjut usia ini supaya kita bisa meningkatkan derajat kesehatan pada lansia, mencegah penyakit-penyakit pada lansia, dan mendukung supaya lansia bisa tetap produktif Tanpa Rasa Sakit sesuai dengan mutu dan hari ulang tahun dan usia ke-28 adalah lansia terawat Indonesia bermartabat, imbuhnya.

"Masi katanya Tasman, Mohon ijin pak Bupati kami laporkan Giat kita pada hari ini, kami akan memberikan layanan tidak menular, selanjutnya ada pemeriksaan pengobatan gratis  bagi lansia, ada pemeriksaan IPA atau pap smear untuk deteksi dini kanker serviks, itu semuanya sudah kami sediakan, ucapnya.

Kemudian, ada juga di kantor camat  pemeriksaan keaktifan Peserta BPJS tumbuhan dari BPJS kota Lubuklinggau, para  Bapak Ibu bisa melakukan pengecekan kalau memang ingin meyakinkan bahwa sebagai peserta BPJS kegiatan ini bisa berlangsung setiap tahun sebagai upaya untuk meningkatkan harapan dan usia Hidup Kabupaten Musi Rawas Utara, pungkasnya Tasman.

Sambautan Bupati Muratara H.Devi Suhartoni dalam isi pidatonyaa Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarokatu, ada sedikit yang perlu saya sampaikan kepada Kepala Dinas kesehatan  dan Camat karang jaya juga para OPD, Kepala desa serta para lanjut usia, bapak ibu semuanya saya tidak bisa  lama berbicara di sini khusus untuk lansia hari ini bisa dilakukan terus di desanya masing-masing bersama Pak kades, bikin bubur kacang ijo rebus ubi, atau  berupa vitamin untuk kesehatan, Kenapa senam ini sengaja diadakan mungkin kita sebagai orang Muratara banyak berkebun, tapi dengan kegiatan senam kita bisa mesehatkan jiwa dan Raga kita Rohani dan jasmani, paparnya.

Untuk menjaga diri kita agar bahagia dan panjang umur tentunya  kesehatan, negara ini sangat memperhatikan para lansia, kami Pemerintah  Kabupaten memperhatikan lansia makanya salah satu di Indonesia hanya Muratara lah yang memberi tunjangan lanjutan usia tapi memang belum banyak, karena masih keterbatasan tapi insya Allah akan terus kami usahakan.

Ada pemeriksaan  kesehatan yaitu kanker serviks jadi ada pemeriksaan kanker serviks ibu-ibu silakan nanti periksa di situ gratis dan kalau ada anak-anaknya juga yang masih usia muda yang sudah berkeluarga silakan juga untuk diperiksa.

"Harapan saya dengan adanya acara seperti ini pertama kita silaturahmi agar menjadi kebiasaan yang baik silakan lakukan di desa masing-masing.Diakhir sambutan Bupati Devi Suhartoni Resmi Membuka Gebyar Hari Lanjut Usia Nasional ke 28", tutupnya.

#A.Rahman

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas