Breaking

Wednesday, June 12, 2024

Tingkatkan Kompetensi Kepemimpinan Petani Sawit Pasaman Barat, BPDPKS dan Dirjenbun Bersama Iskol Agridaya Gelar Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDM-PKS), Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (DitjenbunKementan RI) bersama Iskol Agridaya Internasional (ISKOL) melaksanakan Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi SDM-PKS.

Pelatihan ini diikuti oleh 28 petani sawit dari Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi SDM-PKS ini dilaksanakan selama 4 hari di Axana Hotel Padang, tanggal 10-13 Juni 2024.

Kegiatan ini juga mendukung upaya meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit dalam pengelolaan kebun. 

Kelapa sawit merupakan salah satu komoditas unggulan perkebunan  di Sumatera Barat yang perlu didukung agar dapat berkelanjutan. 

Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi bertujuan untuk meningkatkan teknik kepemimpinan serta kemampuan komunikasi petani-petani sawit di Sumatera Barat dalam mengembangkan kelompok taninya menjadi lebih baik dan berkelanjutan.

Sedangkan pembukaan pelatihan dilakukan pada tanggal10 Juni 2024 dengan dihadiri Kepala Bidang Penyuluhan dan Pemasaran Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat Ermin Damanik, SP, Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid Perkebunan TanamanTahunan dan Penyegar, Vera Yusria, SP, MSi serta perwakilan dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Ketua Sekretariat Tim Pengembangan SDM PKS Ditjenbun Eva Lizarmi, SP, yang hadir secara online memberikan sambutan dan arahan kepada peserta pelatihan.

Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi yang diinisiasi oleh BPDPKS dan Dirjen Perkebunan, diharapkan petani dapat meningkatkan pengelolaan kebun sawit yang lebih baik. 

Dalam arahan Ketua Sekretariat Tim Pengembangan SDM-PKS Ditjenbun Eva Lizarmi, SP, menyampaikan pentingnya pelatihan ini bagi keberlanjutan perkebunan sawit rakyat, “Pelatihan komunikasi sangat diperlukan untuk mengelola sawit yang berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani”, ungkapnya. 

Eva Lizarmi juga menghimbau agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini hingga tuntas. Diharapkan juga agar para peserta pelatihan membagikan ilmu dan ketrampilan yang mereka peroleh selama pelatihan kepada anggota petani lain di kelompokny amasing-masing. 

Senada dengan arahan Dirjenbun, Kabid Perkebunan TanamanTahunan dan Penyegar Provinsi Sumatera Barat juga menghimbau bahwa pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi petani sawit sangatlah penting bagi pengembangan kelompok tani dan kesejahteraan petani kedepannya.

#ril/Buya

 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas