Breaking

Thursday, July 18, 2024

Desa Sungai Jauh Gelar Acara Rutinan Sedekah Bumi 1 Muharam 1446 H


MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan menggelar acara rutinitas tahunan sedekah bumi 1 Muharam 1446 Hijriah, Selasa malam  (16/7/2024) di kantor Desa Sungai Jauh. 

Sedekah bumi adalah upacara adat yang merupakan ritual tradisional masyarakat Jawa untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas perjuangan para pejuang, pemimpin desa, para leluhur juga keberkahan alam. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun- temurun dari zaman dahulukala sudah beberapa kali pergantian kepala desa hingga sekarang. 

Acara rutinitas ini tujuannya memperingati sedekah bumi Desa Sungai Jauh yang mana sebagai wujud terima kasih atas kebesaran Tuhan Yang Maha Esa serta dalam melestarikan adat budaya bangsa Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh Camat Rawas Ulu, kepala desa beserta perangkatnya, Babinsa, Ketua BPD beserta anggotanya, para alim ulama, ketua lembaga adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh lapisan masyarakat Desa Sungai Jauh. Dalam kesempatan kali ini ikut serta meramaikan kegiatan rutinitas sedakah bumi yang diadakan di Desa Sungai Jauh. 

Kepala Desa Sungai Jauh Taufik Sugianto dalam pidatonya menuturkan banyak terima kasih kepada Camat Kecamatan Rawas Ulu yang sempat hadir, babinsa juga sempat hadir, para panitia pelaksana yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berperan aktif dalam bermasyarakat.

“Yang mana kita ketahui bersama bahwa Desa Sungai Jauh ini banyak pejuang pejuang desa yang telah mendahulukan kita semua yang telah memperjuangkan dan banyak berbuat  di Desa Sungai Jauh dan juga  menghidupkan  budaya bangsa”, ucap Taufik.

Tugas kita sebagai generasi muda untuk terus berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan budaya bangsa, harapnya..

Acara sedekah bumi dilaksanakan setiap tahun, sebagai simbol penghormatan dan penghargaan masyarakat kepada Allah SWT atas karunia alam yang melimpah dan sebagai doa agar senantiasa warganya diberikan keselamatan dan dilimpahkan rizkinya.

Camat Rawas Ulu M.Yusnadi  menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara sedekah bumi di Desa Sungai Jauh ini yang sangat meriah, semoga masyarakat Desa Sungai Jauh  senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan dan keberkahan. "Semogah Desa Sungai Jauh ini menjadi contoh untuk desa lain yang telah banyak membuat program kolam  ikan lele", ungkapnya. 

#A.Rahman
 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas