Breaking

Sunday, July 28, 2024

Tingkatkan Kesadaran Gigi dan Mulut Bumil, Puskesmas Sitiung 1 Bikin Terobosan


MWawasan, Dharmasraya (SUMBAR)~ Dalam rangka menurunkan angka karies gigi dan penyakit mulut, serta meningkatkan kunjungan ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan gigi dan mulut, Puskesmas Sitiung I, Kabupaten Dharmasraya meluncurkan terobosan KEMENKES SIGIMIL (Kartu Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut Ibu Hamil ). 

Menurut Kepala Puskesmas Sitiung I, pihaknya menginisiasi terobosan ini didasari bahwa masih tingginya permasalahan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil di wilayah kerja-nya

Dikatakan, dari hasil pemeriksaan pada tahun 2019, dari 81 ibu hamil yang diperiksa terdapat 60 orang (74,07 %) yang mengalami kelainan gigi dan mulut, dan pada tahun 2021 dari 46 orang ibu hamil yang diperiksa terdapat 26 orang (56,5 %) yang mengalami kelainan gigi dan mulut.

"Tingginya kasus kelainan gigi dan mulut pada ibu hamil dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan atau informasi tentang kesehatan gigi dan mulut selama kehamilan," ujarnya

Pelayanan KEMENKES SIGIMIL dilaksanakan di ruang pili gigi, dan luar gedung berupa kegiatan terintegrasi dengan kelas ibu hamil yang dilaksanakan Puskesmas, Pustu maupun Bidan setempat. 

Pola kerja inovasi ini adalah dengan pemberian informasi terkait kesehatan gigi dan mulut selama hamil, seperti masalah-masalah gigi dan mulut yang sering terjadi selama kehamilan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan tips-tips menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terakhir dilakukan pemeriksaan dan pengisian kartu kesehatan gigi dan mulut.

"Kartu kesehatan gigi dan mulut ini merupakan rekam medik, yang akan dijadikan sebagai dasar pemberian tindakan kepada ibu hamil saat melakukan kontrol dan kunjungan di fasilitas kesehatan terdekat," ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya terobosan ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat, khusunya ibu hamil akan kesehatan gigi dan mulut, dan menekan angka penyakit gigi dan mulut di Kecamatan Sitiung.

#Egit/Sosri 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas