Breaking

Monday, August 5, 2024

Dispertanikan Upayakan Percepatan Penanaman Padi untuk Meningkatkan Produksi Padi di Kabupaten Muratara

 
MWawasan, Muratara (SUMSEL)~ Guna meningkatkan produksi padi di musim kemarau, Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertanikan) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) terus mengoptimalkan manfaat bercocok tanam padi di wilayah Kabupaten Muratara.

Saat ini fokus penanaman padi di fokuskan diwilayah Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara.

“Untuk percepatan penanaman tahap pertama ini, kita fokuskan Dil lahan pertanian diwilayah Kecamatan Rawas Ulu”, kata Kadispertanikan, Ade Meiri diruang kerjanya, Jumat (2/8/2024).

Percepatan penanaman padi tersebut dalam rangka upaya peningkatan produksi padi di Kabupaten Muratara. “Upaya Percepatan peningkatan produksi ini mengundang berbagai stakeholder terkait baik dari pengambil kebijakan maupun pelaksana teknis”, jelasnya.

Dia menambahkan Kecamatan Rawas Ulu yang menjadi prioritas untuk pengoptimalan percepatan peningkatan produksi padi tahun 2024, yang berada di wilayah Kabupaten Muratara.

“Harapannya dengan adanya upaya percepatan peningkatan ini dapat memetakan kondisi di lapangan dan menentukan langkah yang tepat dengan kolaborasi stakeholder terkait agar pelaksanaan produksi padi dapat terlaksana dengan baik dan target produksi padi tahun 2024, dapat tercapai”, harapnya.

Dijelaskan Ade Meiri, saat ini luas lahan pertanian diwilayah Kabupaten Muratara 2.260 hektare. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduk Kabupaten Muratara kita memerlukan luas sawah lebih kurang 6000 hektar.

Bagaimana dengan sistem penanaman padi? Ade Meiri mengatakan untuk penanaman padi dilakukan dua kali dalam satu tahun,harus dilakukan guna meningkatkan Produksi dalam upaya peningkatan penanaman padi dalam satu tahun.

“Kami telah melakukan gerakan ini untuk percepatan tanam yang biasanya dilakukan pada Oktober 2024 ini, perlu akan dilakukan percepatan tanam pada bulan Juli sampai dengan September sehingga lahan sawah yang biasanya ditanam satu kali bisa kita tanam menjadi dua kali dalam satu tahun”, tuturnya.

“Kami berharap untuk menambah produksi padi, kami dari dinas pertanian dan perikanan akan mengupayakan dengan memberikan bantuan pompa air mengingat sudah saat sekarang memasuki musim kemarau. Diharapkan dengan bantuan pompa air ini maka ketersediaan air bisa diatur oleh petani dan semoga bermanfaat dan berhasil", pungkasnya.

#A.Rahman

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas