Breaking

Sunday, August 4, 2024

Finance Frenzy Snake and Ladders: Permainan Papan tentang Literasi Keuangan

Finance Frenzy Snake and Ladders: Permainan Papan tentang Literasi Keuangan 


Karya Kelompok 21 PKM FEB UB


Pada kesempatan kali ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Departemen Akuntansi yang bekerjasama dengan SMK Negeri 1 Malang. Program yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Juli 2024, di Jalan Sonokembang, Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan remaja. Kelompok 21 PKM Departemen Universitas Brawijaya yang beranggotakan Viola Destriviyani, Kalyana Btari Putri, Dzul Ikram, Vinsensius Ferrer Antonius Djuang, dan Sekar Pertiwi bersama dengan bimbingan dosen Ibu Yeney Widya Prihatiningtias, S.E., M.SA., DBA., Ak. dan Ibu Octadilla Laily Anggraeni, S.E., M.Ak. mengusung pembuatan papan permainan bernama Finance Frenzy Snake and Ladders dengan tema tentang literasi keuangan.

Selain itu, Kelompok 21 PKM Departemen Universitas Brawijaya juga mengusung pelaksanaan sosialisasi materi seputar literasi keuangan di kalangan remaja. Sosialisasi ini bertujuan untuk membantu siswa-siswi Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang dalam mengetahui wawasan seputar literasi keuangan dan mendorong minat mereka untuk berinvestasi. Sosialisasi ini juga bertujuan untuk membantu mereka mengenal lebih dalam mengenai prinsip pengelolaan uang mulai dari dari bagaimana cara mendapatkan uang, strategi dan mengolahnya, serta memberdayakan uang tersebut dengan harapan terwujudnya kemandirian finansial dengan cara yang menyenangkan. 

Ketika dilakukan sosialisasi materi, Kelompok 21 PKM Departemen Universitas Brawijaya memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran melalui sesi tanya jawab. Dari sana, dapat terlihat antusiasme dari siswa-siswi SMK Negeri 1 Malang untuk menyampaikan pertanyaan dan juga memberikan opini mereka mengenai pengelolaan keuangan dari perspektif remaja. 

Melalui permainan Finance Frenzy Snake and Ladders yang terinspirasi dari games ular tangga, siswa-siswi SMK Negeri 1 Malang dapat langsung mengimplementasikan ilmu literasi keuangan yang diperoleh sebelumnya lewat program sosialisasi. Siswa-siswi SMK Negeri 1 Malang juga dapat saling bekerjasama seolah-olah menjadi seorang individu yang perlu melalui tantangan permainan untuk mencapai finish beserta keberhasilan pengelolaan keuangan. Permainan ini sendiri berisi tantangan seputar literasi keuangan dan tantangan lucu khas remaja, prinsip pengelolaan uang dari modal yang didapatkan dan pilihan menggunakan uang tersebut dengan membayar sejumlah uang untuk maju naik ke tangga atau menghindari ular, serta prinsip investasi apabila menginjak kotak investasi sehingga mereka tertarik untuk belajar dan berliterasi. 

Hal ini tidak hanya membantu siswa-siswi meningkatkan wawasan literasi keuangan dengan cara yang menarik, tetapi juga bermanfaat untuk mengasah kemampuan mereka dalam pengambilan keputusan serta bekerjasama sebagai tim dalam berinvestasi dan mengelola keuangan. Setelah permainan selesai, Kelompok 21 PKM Departemen Universitas Brawijaya tidak lupa memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada tim-tim yang memenangkan permainan papan Finance Frenzy Snake and Ladders berupa alat tulis menarik untuk mendukung kegiatan pembelajaran siswa-siswi di sekolah.

Dengan demikian, program PKM Departemen Akuntansi ini yang meliputi sosialisasi materi literasi keuangan untuk remaja serta bermain Finance Frenzy Snake and Ladders yang bertemakan penerapan literasi keuangan, diharapkan dapat terwujudnya tujuan utama dari program ini yaitu meningkatnya literasi keuangan di kalangan remaja. Output tersebut diharapkan agar para remaja bisa lebih peduli terhadap keuangan mereka, semakin bisa mengatur keuangan mereka, dan mendapatkan penghasilan untuk kehidupan mereka di usia remaja. Program ini juga diharapkan dapat mendorong minat para remaja untuk membekali diri mereka dengan berinvestasi sejak dini demi mencapai keseimbangan finansial di masa yang akan datang.

#PKM Departemen kelompok 21




 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas