Breaking

Monday, August 26, 2024

Maju Pilkada 2024, Tokoh Masyarakat Pasaman Ini Samakan Nasib Sabar AS dengan Anies Baswedan di Jakarta

MWawasan, Pasaman (SUMBAR)~ Tokoh masyarakat Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Yunzar Lubis, menyamakan nasib Sabar AS dengan Anies Baswedan dalam konteks kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Baik Pak Sabar AS di Pasaman maupun Pak Anies Baswedan di Jakarta sama-sama diselamatkan oleh tangan Tuhan", kata Yunzar usai Rapat Persiapan Deklarasi dan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman di kantor DPC Demokrat Pasaman di Lubuk Sikaping, Sabtu (24/8/2024).

Diceritakan Yunzar, ketika parpol sudah diborong oleh bakal kandidat lain untuk maju di ajang Pilkada 2024, Sabar dan Anies Baswedan terjebak dalam labirin politik yang gelap, dan nyaris tanpa harapan ke depan.

Tapi di tengah situasi yang nyaris tanpa pengharapan itu, menurut Yunzar, tiba-tiba keluar keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menganulir perolehan kursi parpol di lembaga legislatif sebagai syarat untuk mengusung pasangan calon kepala daerah.

Sempat ada upaya menganulir putusan MK itu yang dilakukan pihak-pihak tertentu. Tapi, menurut Yunzar, gelombang demonstrasi berhasil memaksa para pengambil kebijakan di negeri ini untuk menjadikan putusan MK sebagai rujukan dalam pelaksanaan pilkada.

"Murni, baik Pak Sabar di Pasaman maupun Pak Anies Baswedan di DKI Jakarta sama-sama diselamatkan oleh tangan Tuhan", ujar Yunzar, yang juga penasehat di DPC Demokrat Pasaman tersebut.

Merujuk putusan MK yang menjadikan perolehan suara parpol untuk rujukan mengajukan pasangan calon, menurut Yunzar, perolehan suara Demokrat sebagai pengusung utama Sabar AS dan Sukardi di Pasaman pada Pileg 2024 lalu sudah lebih dari cukup untuk mendukung pasangan calon.

Mengutip putusan MK, menurut Yunzar, parpol berhak mengajukan pasangan calon bila memperoleh 10 persen dari suara sah. "Di Pileg 2024 lalu, perolehan suara Demokrat di Pasaman lebih dari 10 persen suara sah", ungkapnya 

Artinya, menurut Yunzar, tanpa berkoalisi dengan parpol mana pun, Partai Demokrat yang di Kabupaten Pasaman diketuai oleh Sabar AS berhak mengusung pasangan calon Sabar AS dan Sukardi menuju ajang Pilkada Pasaman 2024.

Di bagian lain, dari forum rapat itu diperoleh informasi bahwa pasangan calon Sabar AS-Sukardi akan dideklarasikan di Lubuk Sikaping, ibukota Kabupaten Pasaman, Selasa (27/8/2024) mendatang.

Ketua Bappilu DPC Partai Demokrat Pasaman Adrianto Efendi menjelaskan, selain dihadiri segenap pengurus DPC, anggota DPRD dari Demokrat, kegiatan deklarasi juga akan dihadiri para relawan yang berasal dari 62 nagari di Pasaman. "Deklarasi diperkirakan akan diramaikan ribuan orang", ujarnya.

Usai dideklrasikan, menurut Adrianto, pasangan yang mengusung jargon Sasuai itu akan diarak untuk didaftarkan ke KPU Pasaman sebagai calon kontestan Pilkada Pasaman 2024.

Dalam forum itu, Hasiholan H menjelaskan hal-hal teknis berkaitan dengan deklarasi dan pendaftaran pasangan calon.

#Ril/Buya

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas