Breaking

Sunday, August 4, 2024

Memeriahkan HUT ke-355 Kota Padang, Pj Wako Padang Tuanku Andree Algamar: Tradisi Lomba Ayam Kukuak Balenggek Perlu Kita Lestarikan


MWawasan, Padang (SUMBAR)~ Lomba Ayam Kukuak Balenggek ini secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar.

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-355 Kota Padang, Pemerintah Kota Padang menggelar Lomba Ayam Kukuak Balenggek, yang diikuti ratusan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat.


Lomba Ayam Kukuak Balenggek ini secara resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar, di samping Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Sabtu (3/8/2024).


Andree Algamar mengatakan, perlombaan Ayam Kukuak Balenggek merupakan rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kota Padang. 


Lomba Ayam Kukuak Balenggek merupakan tradisi yang telah diwariskan oleh nenek moyang orang Minangkabau, dan sudah ada sejak 1981.


"Sebagai salah satu satwa endemik yang mempunyai suara merdu dan bagus, tradisi lomba Ayam Kukuak Balenggek ini perlu kita lestarikan, agar tidak menjadi cerita di masa depan. Perlombaan ini selain dapat menyalurkan hobi juga dapat menyelamat satwa dari kepunahan," ucap Andree Algamar didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Vanny Andree Algamar.


Andree menambahkan, lomba Ayam Kukuak Balenggek ini cukup unik. sesuai namanya Ayam Kukuak Balenggek, maka Ayam ini mempunyai suara unik, mempunyai intonasi, irama dan dinamika, sehingga kokoknya bersusun dan merdu sekali.


"Kepada pecinta Ayam Kukuak Balenggek terima kasih telah bersama kami dalam memeriahkan hari jadi Kota Padang. Kita berharap melalui lomba ini dapat menjadikan Komunitas Ayam Kukuak Balenggek semakin berkembang, dan dapat bersama-sama membantu pemerintah dalam pengembangan wisata di Kota Padang," pungkas Andree Algamar.


Sementara itu, Ketua Komunitas Ayam Kukuak Balenggek Sumatera Barat Rosi Herman berharap, lomba Ayam Kukuak Balenggek ini harus diadakan setiap tahun, karena dapat mempromosikan Ayam Kukuak Balenggek kepada daerah lain di Indonesia.


"Kita boleh iri, tapi iri yang positif. Seperti ayam ketawa itu ada di Makassar, tapi orang Indonesia sudah kenal. Sementara Ayam Kukuak Balenggek belum begitu dikenal. 


Kita berharap dengan adanya lomba ini, Ayam Kukuak Balenggek ini bisa dikenal oleh orang dari berbagai daerah di Indonesia," ucapnya. 

#Ril/Buya 

No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Selasa 29 Agustus 2023"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas