Breaking

Friday, October 11, 2024

Sukses Digelar, Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubeg Resmi Ditutup Dan Kelurahan Lubeg Nan XX Raih Juara Umum


MWawasan,Padang(Sumbar)  ~ Perhelatan perdana Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung yang Mengusung tema 'Mambangkik Batang Tarandam, Warih Nan Bajawek, Pusako Nan Batolong', telah berakhir dan secara resmi ditutup Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar dalam hal ini diwakili Kepala Dinas Sosial (Ka-Dinsos) Heriza Syafani di Gedung Balai Basuo, Pegambiran, Kecamatan Lubuk Begalung Kamis (10/10/2024) Malam


Dalam sambutanya Kepala Dinas Sosial (Ka-Dinsos) Heriza Syafani menyebutkan mengapresiasi seluruh panitia penyelenggara Alek Nagari Nan XX bersama seluruh elemen masyarakat, mulai dari Niniak Mamak, Bundo Kanduang, pemuda, alim ulama, cadiak pandai, dan seluruh tokoh Kecamatan Lubeg atas terlaksananya festival kali ini.


Bahwa ini merupakan suatu kebangkitan bagi kita untuk bisa melestarikan adat budaya, walaupun perkembangan teknologi semakin canggih akan tetapi adat budaya kita tidak akan terlepas, Sebut Kadis Heriza Syafani


Seperti yang sama - sama kita lihat juga bagaimana barzanji yang selama ini ditampilkan oleh usia yang 50 tahun ke atas saja, akan tetapi alhamdulilah tadi sudah ada perpaduan antara tua dan muda.


Walaupun dalam penampilan tadi memang sudah ada yang berusia tua, tapi saya yakin itu dalam bentuk pembinaan dan beregenerasi ke depannya, Ujar Ka-Dinsos Heriza Syafani


Kami bersyukur sekali atas nama Pemerintah mengucapkan terima kasih sebesar besarnya atas pelaksanaan kegiatan ini. Walaupun hanya dua hari tapi ini sangat bermakna sekali. Mudah mudahan di tahun depan bisa lebih lama lagi waktu acaranya dan lebih bervariasi serta lebih banyak lagi hadiahnya, Sebut Heriza Syafani.


Ia berharap kegiatan ini dapat memicu semangat untuk generasi muda kedepanya karena ini cara dari masyarakat untuk mengaktualisasikan teori teori yang ada. 


Semetara itu Ketua Panitia Buya Risyandi dalam sambutanya “Alhamdulillah  pelaksanaan Festival Alek Nagari Nan XX Kecamatan Lubuk Begalung selama dua hari ini telah berjalan dengan aman, lancar, sukses, sesuai dengan harapan kita semua.


Meski berjalan sukses, ia meminta seluruh panitia untuk tetap melakukan evaluasi terhadap kegiatan agar event ke depan yang lebih baik lagi.


“Dengan keberhasilan ini saya harap panitia tidak berpuas diri, tapi lakukan evaluasi agar festival alek nagari ini dapat kembali dilaksanakan tahun depan dan mudah - mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk generasi muda untuk tampil sebagai panitia di festival alek nagari berikutnya, Sebut Buya Risyandi 


Di kesempatan yang sama, Camat lubeg Noviandi Amir mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Padang yang telah mensuport kegiatan seni budaya Festival Alek Nagari Nan XX hingga terlaksana dengan meriah dan juga peran aktif Niniak Mamak Nagari Nan XX yang telah mensukseskan acara tersebut.


Dia berharap kegiatan ini adalah solusi bagi anak anak muda agar terhindar dari kenakalan remaja.


Dalam kesempatan itu Panitia Festival Alek Nagari Nan XX juga mengumumkan hasil lomba yang telah dilakukan selama dua hari tersebut. 


Kelurahan Lubuk Begalung Nan XX keluar sebagai juara umum dengan menjuarai dua perlombaan, yaitu lomba barzanji dan lomba sumbang 12. Posisi kedua ditempati Kelurahan Kampuang Baru Nan XX dengan meraih juara 1 lomba pawai budaya, Kelurahan Batuang Taba Nan XX juara 1 lomba makan bajamba, dan Kelurahan Parak Lawek Pulau Aia Nan XX juara 1 lomba sholawat dan juara 2 Sumbang 12 


#MEP













No comments:

Post a Comment

Koran Wawasan Edisi 194, Februari 2023

"Prakiraan Cuaca Senin 14 Oktober 2024"


"KEPUASAN ANDA UTAMA KAMI"




BOFET HARAPAN PERI Jl. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
Selamat Datang diSemoga Anda Puas